Tips Menulis Surat Pengangkatan Karyawan
Dalam sebuah perusahaan, pengangkatan karyawan menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Terlebih lagi jika karyawan tersebut merupakan karyawan berprestasi yang memiliki kinerja yang baik dalam perusahaan. Pengangkatan karyawan tetap tersebut merupakan salah satu hal formal yang terjadi di lingkungan perusahaan. Maka dari itu untuk menyampaikannya tentu diperlukan adanya sebuah surat yang disebut dengan surat pengangkatan karyawan.
Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap
Setelah melakukan beberapa tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudari Melisa Agustina terhitung mulai tanggal 01 Februari 2017 dengan jabatan sebagai pegawai sementara PT. Sukses Bersama dibagian Administrasi Kantor, maka dengan ini PT Sukses Bersama menganggap Sdri. telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap dengan ketentuan sebagai berikut:
Menimbang : berdasarkan pengamatan dan penilaian yang obyektif Sdri. Melisa Agustina
Mengingat : berdasarkan Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Sukses Bersama
Memperhatikan : kebutuhan akan sumber daya manusia di PT. Sukses Bersama
Mengangkat Saudari Melisa Agustina sebagai Kepala Staff Administrasi, Bila mana dikemudian hari ditemukan kesalahan dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, maka pihak perusahaan akan melakukan penyesuaian ulang sebagaimana mestinya.
Di tetapkan di Jakarta pada tanggal : 27 Februari 2018
PT. Lautan Emas
........................
Manager HRD
Surat pengangkatan karyawan ini tak hanya menjadi tanda prestasi kerja karyawan, namun juga dapat menjadi sebuah bukti masa kerja baik pada saat diperlukan dalam perhitungan pesangon maupun perhitungan lainnya sesuai dengan Undang Undang Ketenagakerjaan yang berlaku. Namun pada kenyataannya, keberadaan surat ini masih sering kali diabaikan dalam beberapa perusahaan. Oleh sebab itulah terkadang terjadi perselisihan diantara karyawan dan perusahaan. Maka melihat dari hal yang kadang terjadi itu, surat ini termasuk salah satu surat yang penting.
Dalam penulisan surat pengangkatan karyawan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai format suratnya. Perlu diingat bahwa bagian terpenting yang harus ada dalam surat itu adalah pencantuman tanggal pengangkatan, nama karyawan yang bersangkutan, dan nama pengangkat. Ketiga hal tersebut merupakan hal utama yang ada pada surat tersebut. Selanjutnya mengenai bahasa, tentu saja sama seperti semua surat formal lainnya yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami lampirkan beberapa contoh Surat Pengangkatan Karyawan.
Contoh 1 :
PT. SUKSES BERSAMA
Jln. Manggis No. 125 Jakarta Selatan
Telp. xxx xxxxxx Fax. xxxxxx
======================================================================
SURAT PENGANGKATAN
Nomor : SK.031-226/SB/2018
Kepada Yth:
Sdra. Denni Setiawan
di tempat
Perihal : Pengangkatan Karyawan
Berdasarkan penilaian dan prestasi kerja Saudara sejak mulai bekerja sampai periode masa kerja yang ditentukan, maka Perusahaan dengan berpedoman pada Peraturan Perusahaan dan ketentuan yang berlaku, memutuskan untuk mengangkat Saudara sebagai Karyawan Tetap PT. SUKSES BERSAMA , terhitung tanggal 01 Maret 2018.
Dalam hal penetapan golongan dan kepangkatan serta ketentuan dalam hal imbalan upah dan tunjangan, kepada Saudara ditetapkan sebagai berikut :
Nama : Denni Setiawan
NIP : 056893215
Tgl. Masuk Kerja : 01 Maret 2018
Bagian : Staff Keuangan
Gaji per bulan : Rp. 3. 900.000,- (Tiga juta sembilan ratus ribu rupiah)
Hak dan kewajiban Saudara lainnya ditetapkan dalam Peraturan Perusahaan, serta Saudara wajib untuk mentaati Peraturan Perusahaan dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.
Surat Pengangkatan Karyawan Tetap ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam surat ini akan diperbaiki seperlunya.
Demikian Surat Pengangkatan Karyawan Tetap ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Jakarta
Tanggal : 27 Februari 2018
PT. SUKSES BERSAMA
Djoko Susanto, SH
Manager HRD
SURAT KEPUTUSAN
No. ..../SK/......-HRD/I/16
Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap
Setelah melakukan beberapa tahapan evaluasi terhadap kinerja Saudari Melisa Agustina terhitung mulai tanggal 01 Februari 2017 dengan jabatan sebagai pegawai sementara PT. Sukses Bersama dibagian Administrasi Kantor, maka dengan ini PT Sukses Bersama menganggap Sdri. telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap dengan ketentuan sebagai berikut:
Menimbang : berdasarkan pengamatan dan penilaian yang obyektif Sdri. Melisa Agustina
Mengingat : berdasarkan Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Sukses Bersama
Memperhatikan : kebutuhan akan sumber daya manusia di PT. Sukses Bersama
MEMUTUSKAN
Mengangkat Saudari Melisa Agustina sebagai Kepala Staff Administrasi, Bila mana dikemudian hari ditemukan kesalahan dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, maka pihak perusahaan akan melakukan penyesuaian ulang sebagaimana mestinya.
Di tetapkan di Jakarta pada tanggal : 27 Februari 2018
PT. Lautan Emas
........................
Manager HRD
Demikianlah ulasan kami mengenai surat pengangkatan karyawan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya ya.