Tips Membuat Surat Penolakan Lamaran Kerja
Dalam dunia kerja, ada yang namanya surat lamaran pekerjaan. Surat ini merupakan surat yang paling umum ada di dunia kerja. Karena surat lamaran pekerjaan ini adalah salah satu persyaratan yang selalu diberikan oleh sebuah perusahaan, instansi, dan lain sebagainya kepada para calon karyawannya. Nah cara menyampaikan hasil seleksi atau jawaban untuk surat lamaran pekerjaan dalam setiap perusahaan dapat saja berbeda. Mungkin bisa via elepon, via email, dan yang paling baik adalah dengan menggunakan surat.
Dan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara membuat surat penolakan lamaran kerja. Surat ini sendiri biasanya dikeluarkan oleh bagian personalia pada sebuah perusahaan. Surat ini diperlukan karena meskipun menolak lamaran pekerjaan seseorang, tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan agar penolakan tersebut masih terkesan sopan.
Surat penolakan lamaran kerja ini merupakan surat resmi yang ditulis oleh sebuah perusahaan atau instansi tertentu yang berisi tentang balasan, pemberitahuan, atau konfirmasi bahwa lamaran kerja yang diajukan orang yang bersangkutan tersebut dinyatakan ditolak atau tidak diterima oleh perusahaan. Memang tidak semua perusahaan mengirimkan surat penolakan lamaran kerja kepada para pelamar yang tidak lolos. Kebanyakan perusahaan hanya memberikan pengumuman dalam sebuah surat yang dipublikasikan di situs tertentu ataupun ditempelkan pada papan pengumuman di perusahaan tersebut.
Cara membuat surat ini pun tak terlalu berbeda dengan surat-surat resmi lainnya. Yang membedakan surat penolakan lamaran kerja ini adalah hanya terletak pada isi pokok surat yang menjelaskan tentang penolakan lamaran kerja kepada seseorang. Perlu diingat bahwa dalam menulis surat ini, hendaknya pergunakan kata-kata yang sopan. Hal ini bertujuan agar tidak menyinggung sang pelamar.
Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh mengenai surat penolakan lamaran kerja.
Contoh :
Kepada Yth:
Dona Sepriani, Amd.
Jl. Reformasi No. 92
Jakarta Pusat
Dengan Hormat,
Dengan ini kami beritahukan, bahwa kami sudah menerima surat lamaran kerja dari Saudari tertanggal 15 Juni 2017 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Staff Administrasi di PT. Angkasa Raya.
Namun dengan berat hati kami sampaikan, bahwa surat lamaran kerja saudara kami tolak dikarenakan ada beberapa hal yang masih berada dibawah standar kualifikasi yang kami butuhkan.
Demikian surat ini kami sampaikan, agar dapat dimaklumi dan semoga suatu saat nanti Saudari bisa bergabung dengan PT. Angkasa Raya.
Jakarta, 15 Juni 2017
Hormat Kami,
PT. Angkasa Raya
(Dewo Suseno, S.Psi)
Manager Personalia
Demikianlah ulasan kami mengenai surat penolakan lamaran kerja. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan kami yang selanjutnya.
Dan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara membuat surat penolakan lamaran kerja. Surat ini sendiri biasanya dikeluarkan oleh bagian personalia pada sebuah perusahaan. Surat ini diperlukan karena meskipun menolak lamaran pekerjaan seseorang, tentu saja ada hal yang perlu diperhatikan agar penolakan tersebut masih terkesan sopan.
Surat penolakan lamaran kerja ini merupakan surat resmi yang ditulis oleh sebuah perusahaan atau instansi tertentu yang berisi tentang balasan, pemberitahuan, atau konfirmasi bahwa lamaran kerja yang diajukan orang yang bersangkutan tersebut dinyatakan ditolak atau tidak diterima oleh perusahaan. Memang tidak semua perusahaan mengirimkan surat penolakan lamaran kerja kepada para pelamar yang tidak lolos. Kebanyakan perusahaan hanya memberikan pengumuman dalam sebuah surat yang dipublikasikan di situs tertentu ataupun ditempelkan pada papan pengumuman di perusahaan tersebut.
Cara membuat surat ini pun tak terlalu berbeda dengan surat-surat resmi lainnya. Yang membedakan surat penolakan lamaran kerja ini adalah hanya terletak pada isi pokok surat yang menjelaskan tentang penolakan lamaran kerja kepada seseorang. Perlu diingat bahwa dalam menulis surat ini, hendaknya pergunakan kata-kata yang sopan. Hal ini bertujuan agar tidak menyinggung sang pelamar.
Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan contoh mengenai surat penolakan lamaran kerja.
Contoh :
PT. ANGKASA RAYA
Jl. Pahlawan No. 125 Jakarta Selatan
Telp. xxxx xxxxxx Fax. xxxxxx
======================================================================SURAT PENOLAKAN LAMARAN KERJA
Nomor : 06689/HRD-AR/VI/2017
Kepada Yth:
Dona Sepriani, Amd.
Jl. Reformasi No. 92
Jakarta Pusat
Dengan Hormat,
Dengan ini kami beritahukan, bahwa kami sudah menerima surat lamaran kerja dari Saudari tertanggal 15 Juni 2017 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Staff Administrasi di PT. Angkasa Raya.
Namun dengan berat hati kami sampaikan, bahwa surat lamaran kerja saudara kami tolak dikarenakan ada beberapa hal yang masih berada dibawah standar kualifikasi yang kami butuhkan.
Demikian surat ini kami sampaikan, agar dapat dimaklumi dan semoga suatu saat nanti Saudari bisa bergabung dengan PT. Angkasa Raya.
Jakarta, 15 Juni 2017
Hormat Kami,
PT. Angkasa Raya
(Dewo Suseno, S.Psi)
Manager Personalia
Demikianlah ulasan kami mengenai surat penolakan lamaran kerja. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di ulasan kami yang selanjutnya.